4 Alasan Kenapa Harus Selalu Bawa Kartu Nama

kartu namaPerempuan seringkali tak pernah dapat meninggalkan lokasi tinggal tanpa tas kecilnya yang berisi: ponsel, dompet, bedak, lipstik, dan maskara. Mulai sekarang, biasakan pun membawa kartu nama kita saat terbit rumah, meskipun tujuannya ke mal, arisan keluarga, atau reuni dengan teman-teman.

Mengapa mesti? Karena kita tak pernah tahu bakal ada kesempatan hebat di depan mata. Dan, kartu nama ialah kesan yang terus tertinggal sesudah Anda berpisah dari teman, keluarga, atau kenalan baru Anda. Apa yang tercantum pada kartu nama tersebut mencerminkan siapa Anda, tergolong penampilan jasmani Anda.

Kartu nama dapat mengindikasikan gaya pribadi, keluwesan, dan kualitas Anda. Oleh sebab itu, hindari menyodorkan kartu nama yang telah lusuh untuk orang lain. Desainnya tak butuh mewah dan diberi pewangi laksana katalog dari Tiffany. Cukup pastikan kartu nama masih bersih, tidak terlipat atau robek.

Baca Juga :

Ada sejumlah hal yang butuh Anda perhatikan mencantol kartu nama dan teknik mendistribusikannya. Berikut saran dari Jules Hirst, speaker dan penulis kitab Power of Civility:
  1. Hindari menyerahkan kartu nama yang telah basi. Misalnya, menyerahkan alamat, nomor telepon, atau alamat e-mail, yang telah tak berlaku. Mencoret-coret informasi pada kartu nama dan mengoreksinya dengan artikel tangan pasti tak bakal terlihat rapi. Bila memang telah kedaluarsa, bikin saja yang baru.
  2. Kartu nama pun tidak melulu akan menjadi representasi perusahaan, tetapi pun diri Anda. Ketika kita bertemu dengan lebih satu orang dari perusahaan yang sama, tidak boleh berpesan, “Ini kartu nama saya buat anda berdua, ya.” kita juga dapat memberikan dua atau tiga kartu nama guna satu orang, tapi melulu bila diminta. Menitipkan kartu nama pada orang yang baru kita kenal memberi kesan kita meminta bantuannya guna “mengiklankan” diri Anda.
  3. Ketika baru menerima kartu nama dari kenalan Anda, tidak boleh tergesa-gesa menyelipkannya ke dalam isi kantong atau saku baju Anda. Tindakan laksana ini dirasakan tidak menghargai lawan bicara, seolah Anda hendak segera mengusirnya pergi. Luangkan masa-masa untuk menyimak nama dan jabatannya, atau alamat kantornya. Dari situ Anda dapat mendapat gagasan untuk mencari informasi lebih lanjut bukan? Selain tersebut juga mengindikasikan bahwa kita perhatian dengan dirinya.
  4. Setelah berlalu ngobrol, silakan mengantungi kartu nama tersebut. Dalam dunia bisnis, kadang kala anda tidak dianjurkan untuk meminta kartu nama dari orang yang jabatannya lebih tinggi daripada Anda. Tunggulah sampai orang tersebut sendiri yang menawarkannya pada Anda. Jika Anda tidak sedikit berhubungan dengan orang asing, menciptakan kartu nama dengan bahasa asing dari negara tersebut pun baik. Anda dapat membuat kartu dengan dua sisi, yang satu bahasa Inggris, yang beda bahasa asing lain. kita tak bakal menyangka, tindakan simpel seperti itu dapat memengaruhi prospek bisnis Anda, lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *